Wednesday, March 25, 2015

Memulai Belajar Menulis

Jika dilihat sekilas memang menulis kelihatannya mudah saja, tetapi ternyata tidak semudah yang saya bayangkan. Karena menulis itu tidak cukup hanya memiliki ide dan tuliskan, tidak semudah itu ternyata. Karena saya sendiri sudah mencobanya :).

Ternyata menulis itu gampang-gampang susuah (maksud menulis disini adalah membuat karya tulis, karangan menciptakan tulisan). Menulis tidak semudah seperti kita berbicara atau menyampaikan gagasan/ide melalui lisan. Karena kalau kita berbicara rasanya enak saja apa yang kita pikirkan bisa langsung kita ucapkan, mudah saja rasanya karena kita dari kecil sudah membiasakan menyampaikan maksud secara langsung lewat lisan. Beda halnya dengan menulis karena kita belum terbiasa melakukannya. Untuk menulis kita harus memikirkannya terlebih dahulu supaya apa yang kita maksudkan dalam pikiran dapat diwakili dengan baik oleh tulisan.

Walaupun menulis itu susah namun tidak berarti itu tidak mungkin, kita tahu bisa karena biasa. Jadi kalau kita ingin bisa dan menguasai maka kita harus membiasakan diri untuk menulis. Apa saja bisa kita jadikan ide untuk menulis, tulis saja apa yang ada di otak kita tulislah dengan mengalir tanpa dibebani dengan kehawatiran bagus tidaknya tulisan kita, tulislah secara terus menerus.

Supaya lebih mudah membiasakan diri untuk terus menulis, salah satu cara mudah yang bisa segera kita mulai adalah dengan membuat diary. Ya dengan membuat diary maka kita akan enak untuk menulis. Kenapa? Karena menulis diary biasanya dengan gaya bahasa bebas jadi kita akan mempunyai ide bebas untuk ditulis. Kita bisa menulis apa saja tanpa ada rasa terbebani karena takut salah atau tidak bagus tulisannya.

Jadi mulai sekarang kita harus membiasakan diri untuk terus menulis dimulai dengan menulis diary.

Happy blogging.

No comments:

Post a Comment