Sunday, July 26, 2015

Kehidupan Merantau di Kalimantan

Kalimantan merupakan salah satu pulau tujuan untuk merantau mencari penghidupan. Jadi di sana terdapat kaum pendatang, dari orang sumatra, jawa, flores dll.

Pekerjaan di Kalimantan umumnya berkaitan dengan dunia sawit karena di sana terkenal dengan sawitnya. Banyak macam pekerjaan yang berkaitan di sawit baik dari tingkat paling bawah sebagai pemanen yang bekerja di lahan sampai pejabat atas sekelas manager yang kerjanya di kantor.

Kali ini saya tidak akan membahas detail mengenai pekerjaan apa saja yang ada di dunia sawit di Kalimantan, insyaallah akan saya uraikan lain waktu. Tetapi disini saya akan sedikit mengulas tentang kehidupan di Kalimantan secara umum.

Sawit Kalimantan bisanya di kelola oleh perusahaan profesional jadi pengelolaannya dikelola secara maksimal termasuk perlakuannya terhadap para karyawan.

Karena kebanyakan para pekerjanya adalah para pendatang maka otomatis untuk rumah sudah di sediakan oleh perusahaan. Biasanya untuk satu KK / keluarga trdiri dari suami, istri dan anak akan menempati satu rumah. Untuk lajang atau status masih single maka akan digabungkan dengan lajang juga.

Rumahnya biasanya satu rumah besar dibagi menjadi dua rumah berdempetan untuk ditempati dua KK. Bentuk rumah secaraq fisik untuk model lama masih semi permanen, yaitu setengahnya yang bawah tembok dan setengahnya yang atas berupa kayu. Untuk rumah model baru sudah permanen semua.
perumahan-di-kalimantan
Perumahan Kalimantan

Untuk listrik biasanya jadwal nyalanya dari jam 17.00 sampai jam 05.00 (jam lima sore sampai jam lima pagi) untuk siang lampu mati, kecuali hari libur. Untuk hari libur biasanya siangnya jam 09.00 sampai jam 14.00 listrik nyala. Untuk perumahan staff dan perumahan para pekerja pabrik listriknya full 24 jam non stop kecuali ada gangguan tentunya. Untuk fasilitas umum juga mendapat jatah listrik 24 jam seperti kantor, masjid, sekolahan, pabrik dll.

Untuk air sudah disediakan juga oleh perusahaan biasanya dari pengelolaan danau buatan yang di alirkan ke perumahan. Jadwal dialirkan biasanya pada sore hari dari jam 14.00 sampai maghrib. Karena dari danau maka airnya tidak sejernih mata air. Tetapi untuk perumahan para pekerja pabrik, staff, dan masjid airnya sudah diproses sehingga airnya jernih.

Selain fasilitas-fasilitas tersebut juga biasanya ada jatah makanan pokok berupa beras setiap bulannya untuk takarannya saya lupa tapi sangat cukup untuk konsumsi satu bulan.

Untuk besaran gaji sesuai dengan umr Kalimantan untuk kalteng sendiri saat ini umr-nya sekitar Rp 2.100.000,-. Selain dari gaji pokok biasanya ada gaji tambahan berupa premi dan besarnya berfariasi tergantung jenis pekerjaannya dan usia lama kerjanya.

Agar lebih sukses lagi bagi Anda yang kreatif banyak peluang usaha sampingan di Kalimantan seperti warung karena disana sangat prospek untuk usaha. Untuk ukuran sukses tidaknya sangat relatif tergantung dari sudut pandang kita memandang. Namun tidak jarang para perantau yang hidup cukup lama di Kalimantan dan sampai pensiun dan beranak pinak.

Sekian info mengenai sekilas kehidupan perantau di Kalimantan. Untuk info lainnya insyaallah disambung lain waktu. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment