Monday, July 27, 2015

Ini Dia 4 Ciri Artikel yang Enak Dibaca Menurut Saya

Halo teman sekalian...

Salah satu ciri artikel yang menarik untuk dicaca adalah isinya. Namun ada beberapa hal lain yang mempengaruhi enak tidaknya sebuah artikel untuk dibaca, sebagai seorang pembaca saya akan menuliskan 4 kriteria suatu artikel enak untuk dibaca menurut pengalaman saya sendiri.

Pertama, artikelnya tidak terlalu panjang jadi hanya terdiri dari beberapa paragraf saja. Namun apabila suatu artikel memang memerlukan uraian cukup panjang, maka lebih nyaman jika di potong dan diberi judul baru misalnya part 2, part 3, dan seterusnya.

Kedua, jumlah kalimat dalam satu paragraf tidak terlalu banyak. Jadi paragrafnya tidak panjang hanya terdiri dari tiga sampai empat kalimat. Apabila memang sebuah paragraf harus panjang maka lebih enak jika di potong menjadi paragraf tersendiri dan tidak terlalu panjang.

Ketiga, jenis huruf dan ukuran hurufnya tidak terlau kecil. Jadi seolah memanjakan mata untuk hanyut dalam mambaca dan tidak membosankan.

Keempat, penggunaan bahasa santai tidak terlalu formal tetapi mudah untuk dicerna. Bahkan saya sendiri sering lebih menikmati sebuah bacaan yang lebih bersifat personal atau ada unsur pengalaman dari si penulis itu sendiri.

Itulah bebrapa ciri suatu artikel yang menurut saya enak ketika saya membacanya. Semoga bermanfaat.






No comments:

Post a Comment