Saturday, April 28, 2012

Yang Saya lakukan sebagai blogger pemula


Setiap sesuatu pasti ada permulaan begitu juga dengan ngeblog. Dan menurut saya permulaan biasanya hal yang lebih berat dari pada keseluruhan proses pekerjaan, begitu juga yang saya alami. Dan saya juga beranggapan bahwa para blogger professional adalah seorang blogger pemula yang terus menerus ngeblog sampai akhirnya menjadi seorang blogger professional - atau kita beranggapan begitu. Maka banggalah menjadi pemula karena kita sudah berani memulai.

Ketika saya blogwalking (jalan-jalan ke blog teman) terutama para blogger yang sudah profesional, saya mempelajari banyak hal (yang bisa saya pelajari sesuai kemampuan saya) bagaimana mereka ngeblog. Dari desain blog, cara mereka memposting, memilih tema blog dan sebagainya.

Berikut beberapa hal yang bisa saya pelajari dari para blogger professional baik dari blogger luar negeri maupun tanah air sendiri Blogger Indonesia yang bisa saya terapkan dalam kegiatan blog saya. Dari tema/niche nya bermacam-macam ada yang blog tentang money blogging, teknologi, dll.

Memilih niche blog - Niche blog yaitu blogging dengan tema khusus dan membahas segala hal yang masih berkaitan dengan tema yang diambil misal kita menggambil tema Teknologi, maka kita bisa mempersempit lagi misal menjadi Komputer, komputerpun masih bisa kita persempit lagi misalkan OS atau System Operasi,  System Operasi pun masih tergolong luas maka kita bisa persempit lagi misalnya Linux, dari Linux kita juga masih bisa persempit lagi menjadi Linux Ubuntu. Maka usahakan kita memilih niche blog yang lebih spesifik dan setelah itu kita posting segala hal yang berkaitan dengan tema tersebut.

Menulis posting yang bermanfaat kepada pembaca - Dari yang saya pelajari dari para blogger professional mereka selalu memperhatikan kualitas artikel yang mereka posting yaitu yang benar-benar informasi yang diperlukan oleh pembaca bahkan kalau bisa sesuatu yang bisa merubah hidup pembaca. Kita bisa bayangkan jika kita berkunjung ke suatu blog dan kita mendapatkan informasi yang bermanfaat buat kita dan setelah kita melihat artikel yang berkaitan semuanya saling berkaitan bukannya tidak mungkin kita akan berkinjung lagi lain waktu.

Fokus kepada target/tujuan kita - Sebagai pemula biasanya kita gencar-gencarnya mencari info sebanyak-banyaknya, tetapi tidak selalu dengan adanya banyak informasi bisa membuat kita paham justru malah membuat kita jadi semakin bingung. Maka usahakanlah untuk fokus pada apa yang akan kita pelajari. Misalnya kita ingin mendapatkan dolar dari AdSense maka kita fokuskan dulu kepada AdSense sampai kita paham tentang AdSense jangan dulu belajar Afiliate Amazon misalnya. Lebih baik mengetahui sesuatu secara menyeluruh dari pada mengetahui sedikit tentang segala hal. Setelah kita sudah cukup paham dan kalau bisa professional maka boleh lah kita mempelajari yang lainnya.

Sabar - Para blogger professional memulai blogging dari titik yang sama yaitu no readers no visitors, jadi mereka perlu bertahun-tahun untuk menjadi professional blogger. Apalagi sebagai pemula biasanya akan menjumpai banyak kendala dan hambatan misalnya kehabisan ide untuk menulis, mengalami kejenuhan dan sebagainya. Maka sabar sangat diperlukan.

Belajar dari para blogger sukses - Jangan berhenti belajar dari mana saja terutama dari para blogger yang sudah professional yang berkaitan dengan how to blog, how to make money blogging dan sebagainya.

Demikianlah sedikit hal yang bisa saya pelajari dari para blogger semoga kita tidak pernah menyerah pada apa yang kita perjuangkan yaitu menjadi blogger professional and make money from blogging.

4 comments:

  1. Thanks sob infonya, bermanfaat terutama bagi saya baru belajar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mas Fajar, semoga bisa kita praktekan karena fokus dan action adalah hal yang utama.

      Yakinlah ga ada yang ga mungkin kalau kita bener-bener yakin.

      Thanks telah berkunjung.

      Delete
  2. Sabar,fokus dan konsisten, itu yang agak sulit sob ..
    Pernah saya alami dulu waktu awal-awal ngeblog untuk membuat sebuah tulisan saja sangat susah sekali apalagi apalagi harus konsisten itu malah lebih sulit. Tetapi dengan terus bersabar dan sambil belajar akhirnya kesulitan itu bisa saya kurangi sedikit-sedikit.
    Thanks sob informasinya sangat bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mari sob kita terus berbagi,
      Karena dengan berbagi ga akan pernah rugi,
      Semakin berbagi, semakin tambah ilmu kita.

      Delete