Sunday, August 23, 2015

Mencari Topik atau Niche Untuk Mudah Ngeblog

Awal mula saya memulai ngeblog, saya sungguh merasa bingung saat itu. Yang menjadi kendala untuk memulainya adalah saya sukar menemukan sebuah ide mengenai topik blog yang akan saya pilih. Karena saya hanya ikut-ikutan waktu itu. Ketika melihat orang lain sukses dengan blog tentang tema tertentu saya pun ingin menirunya.

Nah disinilah terkadang saya merasa sedih, hehe. Karena ketika saya ikut-ikutan membuat blog tentang tema yang saya sendiri belum bahkan tidak menguasainya saya merasa kesulitan untuk membuat artikel untuk update blog saya. Seperti yang saya pelajari bahwa artikel adalah kunci utama kesuksesan sebuah blog, conten is the king katanya. Jadi fokus selanjutnya adalah bagaimana bisa update konten secara kontinyu agar blognya manjadi membesar dan berharap bisa sukses.

Nah disinilah permasalahan yang saya hadapi, kesulitan membuat artikel. Bagaimana mungkin saya bisa membuat artikel secara mendalam dan menyeluruh mengenai tema tertentu kalau saya sendiri saja tidak menguasainya? Sangat sulit tentunya apalagi untuk pemula seperti saya.

Maka sayapun berpikir terbalik. Yaitu tidak memulai sebuah blog dari permintaan, dari apa yang dicari orang, tetapi memulai membuat blog dimulai dari diri saya sendiri. Yaitu fokus pada apa yang menjadi kesukaan saya, apa yang menjadi fokus kemampuan saya. Intinya adalah dari apa yang saya bisa. Menjadi diri saya sendiri tidak ikut-ikutan dengan cara orang lain.

Karena setiap orang itu unik. Setiap orang punya ciri khas masing-masing dan setiap orang mempunyai skill masing-masing. Disitulah kita bisa menjadi unik. Bukankah yang kita perlukan adalah artikel yang unik?

Enaknya Membuat Artikel

Ketika saya menulis tentang artikel yang saya kuasai, maka saya merasa mudah saja untuk menuliskannya karena berasal dari hati dan pikiran saya, ibaratnya seperti air mengalir. Jadi enak saja untuk menuangkannya dalam bentuk tulisan. Tidak perlu berpikir njrimet, tak perlu berpikir jauh-jauh karena menuliskan sesuatu yang saya bisa. Sesuatu yang menjadi keahlian saya. Sesuatu yang membuat saya menjadi unik. Disitulah inti dari membuat blog.

Tetapi apabila saya membuat artikel yang bukan menjadi keahlian saya, maka sulit sekali membuatnya.

Bukankah tujuan blogging adalah berbagi ilmu dan pengalaman yang bermanfaat? Maka kalau uang adalah salah satu tujuannya, kalau kita serius InsyaAllah uang akan mengalir dengan sendirinya. Tentunya dengan beberapa metode monetise yang akan kita ambil.

Intinya apabila kita akan membuat sebuah blog, ingatlah apa-apa yang kita suka, apa yang kita bisa, apa yang menjadi keahlian kita. Apabila kita sudah menemukan kesukaan kita, bakat kita, maka untuk mempertajam bakat itu hanya perlu mengasahnya dengan belajar lagi dan mencari referensi. Maka kita pun akan menguasai secara maksimal apa yang menjadi skill kita dengan berjalannya waktu.

Happy Blogging.

No comments:

Post a Comment