Monday, August 31, 2015

Ternyata Bergaul Itu Penting Juga Loh

Saya sendiri orangnya cenderung lebih suka menyendiri dan terkadang cuek juga. Alasan saya suka menyendiri karena menurut saya lebih enak saja, lebih tenang, lebih bisa berpikir, dan intinya saya menikmati kesendirian saya.

Tetapi seiring dengan perjalanan waktu, karena keadaan membuat saya harus banyak bergaul. Nah dari kebiasaan bergaul, bertemu orang terkadang juga mendengar curhat orang lain, dan mendengar nasehat orang lain juga. Dari situlah saya baru menyadari kalau bergaul itu ternyata penting.

Ya, bergaul itu memang penting. Karena dengan bergaul kita bisa mendapatkan ilmu dan pengalaman yang bermanfaat. Dari yang dulunya kita tidak tahu mengenai suatu hal, akhirnya kita jadi tahu. Selain ilmu baru, kita juga bisa mendapatkan pengalaman baru. Karena biasanya orang yang kita ajak bicara tidak sungkan untuk membagi pengalaman hidupnya untuk kita jadikan pelajaran tanpa kita harus mengalami sendiri pengalaman itu. Karena pada umumnya orang akan merasa senang jika mereka merasa dihargai dengan kita mendengarkannya. Apalagi kalau kita korek lebih jauh lagi dengan memunculkan pertanyaan-pertanyaan, biasanya mereka tidak sungkan untuk berbagi.

Selain menambah ilmu dan pengalaman baru, bergaul juga bisa membuat kita merasa lebih optimis, lebih bersyukur dan lebih bijak.

Kita merasa lebih optimis disaat perasaa kita sedang down, entah karena capek, banyak tekanan hidup, ataupun saat ditimpa masalah. Nah dengan kita mendengar pengalaman orang lain, terkadang saya sendiri merasa jadi lebih beruntung jika dibandingkan orang lain. Karena seburuk apapun keadaan kita ternyata masih banyak orang di luar sana yang lebih buruk dari pada keadaan kita. Dan kitapun sudah seharusnya merasa lebih bersyukur.

Selain menjadikan kita merasa bersyukur ternyata dengan bergaul, dalam hal ini bergaul dalam artian yang positif, bisa membuat kita lebih bijak. Kita merasa lebih bijak karena sering belajar dari pengalaman orang lain.

Demikianlah beberapa manfaat dari kita banyak bergaul. Namun jangan sembarangan kita bergaul, bergaullah dengan bijak dan selektif.

Semoga bermanfaat.




No comments:

Post a Comment