Thursday, September 10, 2015

Apa Yang Saya Tulis Sebagai Blogger Pemula

Memulai sebagai seorang blogger pemula memang tidak mudah, terutama adalah bagaimana menulis artikel untuk dijadikan bahan postingan untuk blog. Itu juga yang saya rasakan sebagai seorang blogger pemula. Saya hanya melihat terlalu tinggi tanpa melihat proses alamiahnya.

Jadi saya terjebak dalam pikiran saya sendiri, berpikik perfeksionis (kalau tidak salah maknanya apa-apa harus sempurna), saya berpikir bagaimana membuat tulisan yang banyak dicari orang, yang mendatangkan banyak trafik dan beberapa kesalahan berpikir lainnya. Berpikir seperti itu tidak salah memang, apalagi bagi yang sudah berpengalaman sah-sah saja. Tetapi bagi seorang pemula seperti saya sungguh terasa berat untuk membuat tulisan semacam itu.

Itu adalah beberapa kesalahan saya pada awal mula ngeblog. Dan hal itu juga yang membuat saya fakum dari dunia ngeblog dan tidak mengurusi blog lagi dalam waktu yang cukup lama.

Tapi untunglah sekarang setelah banyak belajar dari para blogger yang dengan jujur mau berbagi pengalamannya dan membuat pikiran saya terbuka mengenai dunia blogging. Dan hal utama yang saya pelajari dari mereka adalah tentang bagaimana membuat tulisan atau konten. Ternyata membuat tulisan itu sederhana saja prosesnya tanpa perlu ribet memikirkan hal-hal yang tidak perlu.

Nah agar tidak sulit dalam membuat tulisan, perhatikan tiga hal berikut ini. Apa yang harus ditulis dalam blog?

1. Menulis tentang pengalaman hidup
Setiap orang mempunyai pengalaman yang bisa diceritakan kepada orang lain dalam bentuk tulisan dan tentunya setiap orang mempunya pengalaman yang berbeda-beda. Menulis tentang pengalaman terasa lebih mudah jika dibandingkan dengan topik yang tidak kita kuasai. Dan tidak sedikit orang yang ingin belajar pengalaman dari orang lain apalagi jika dibawa dengan bahasa yang ringan dan enak seperti orang curhat.

2. Menulis postingan tentang hoby
Membuat postingan yang berkaitan dengan hoby terasa lebih mudah dan menyenangkan karena menuliskan tentang hal yang menjadi kesukaan biasanya tiada habisnya dan dianggap mempunyai branding oleh pembaca. Selain idenya mudah didapat, menulisnyapun lebih mudah.

3. Menulis berdasarkan pekerjaan/profesi
Banyak hal yang bisa dijadikan bahan postingan yang berkaitan dengan pekerjaan. Selain karena lebih menguasai apa yang saya tulis, dan saya biasanya menemukan banyak hal yang berkaitan dengan pekerjaa saya.

Itulah tiga tema posting yang bisa dimulai untuk belajar menulis agar tidak mudah kehabisan ide menulis.

No comments:

Post a Comment