Saturday, September 5, 2015

Kapan Seorang Blogger Menemukan Ide Untuk Menulis Blog?

Inspirasi bisa didapatkan dari mana saja asalkan kita mau berlatih berpikir kreatif. Memang, cara mencari ide membuat tulisan untuk dijadikan konten di blog memang susah bagi blogger pemula seperti saya. Penyebabnya karena saya terlalu banyak berpikir dan tidak diimbangi dengan action (haha, seperti film aja). Jadi karena kebanyakan mikir saja.

Tapi yakinlah kawan, dengan semakin sering kita membuat tulisan, maka semakin mudah juga kita mendapatkan ide untuk dijadikan postingan di blog kita, ini sudah terbukti oleh saya sendiri. Sebagai seorang blogger pemula kendala utama adalah tidak PeDe untuk menulis. Ini yang membuat saya malas untuk menulis (ngebleng), akhirnya hanya baca-baca saja. Melihat lihat pengalaman blogger lain yang sudah sukses duluan dan berharap lebih semangat. Ahirnya terjebak hanya mencari inspirasi agar semangat ngeblog. Dan itu saya alami cukup lama lebih dari setahun.
Baca juga: Tantangan Utama Seorang Blogger Pemula

Ok, dari pada bicara terlalu jauh, langsung saja ke pembahasan.

Kapan seorang blogger tanpa sengaja mendapatkan ide untuk menulis? Jawabannya kapan saja dan dimana saja.

Bergaul dengan orang lain
Saya sering ketika sedang bermain bersama teman ngobrol-ngobrol apa saja, disitu tanpa sengaja terlintas di otak saya sebuah ide untuk menulis (aha ini bisa dijadikan ide untuk menulis nih, dalam hati saya bilang). Maka langsung saya ingat-ingat supaya tidak lupa ketika sudah pulang, bila perlu saya tulis dulu di HP jadul saya.

Ketika sedang jalan kaki
Waktu pulang kerja menuju rumah dengan pikiran lelah karena banyaknya tekanan di lingkungan kerja, disitu kadang tercetus ide untuk menulis.

Ketika mau tidur
Saat akan beranjak untuk mengistirahatkan tubuh ini kalau masih sempat untuk berpikir dahulu, memikirkan apa-apa kejadian yang saya alami hari itu tanpa sengaja ada ide untuk menulis. Apalagi kalau ada pengalaman baru yang berkesan pada hari itu.

Ketika sedang membaca di blog orang lain
Salah satu cara saya untuk mengatasai rasa bosan ngeblog biasanya saya jalan-jalan mampir di blog orang lain untuk menambah ilmu dan pengetahuan. Di saat itu tidak jarang juga saya mendapatkan inspirasi untuk menulis di blog.

Ketika sedang di kamar mandi
Nah yang satu ini saat saya sedang sangat fokus tetapi pikiran santai, sering sekali terlintas ide untuk dijadikan bahan tulisan di blog saya nantinya.

Dan masih banyak momen-momen tanpa kita sadari untuk menemukan sebuah ide untuk menulis. Namun yang terpenting adalah saat medapatkan ide itu segeralah untuk menuangkannya dalam bentuk tulisan. Karena kalau tidak segera dituangkan menjadi tulisan maka terkadang akan lupa dengan sendirinya. Walaupun ingat, hanya judulnya saja tetapi kesan-kesannya hilang. Maka segeralah action.

Demikianlah pengalaman seorang newbie dalam mendapatkan ide menulis dalam ngeblog. Namun bila kita sudah terbiasa menulis, maka bisa kapan saja kita mendapatkan ide. Bahkan ide itu bertaburan di dalam otak secara terus menerus.


No comments:

Post a Comment