Friday, October 16, 2015

Ngeblog, Antara Hobi dan Profesi

Saat ini saya belum menemukan titik terang dalam aktifitas ngeblog saya. Saya sendiri masih bingung apa sebenarnya tujuan saya ngeblog.

Mau dibilang hobi, saya sendiri tidak seperti orang yang sedang menikmati hobi saya. Karena kalau orang sudah hobi maka apapun akan diupayakan supaya hobi itu tersalurkan. Dan saya sepertinya tidak kelihatan seperti itu.

Kalau tujuan ngeblog saya adalah sebagai pekerjaan, sepertinya untuk saat ini masih jauh kalau dikatakan sebagai pekerjaan. Karena kalau orang bekerja biasanya akan berusaha bersungguh-sungguh dan melakukan upaya semaksimal mungkin. Dan tentunya ada imbalan dari apa yang kita kerjakan. Tetapi kalau saya ngeblog belum bersungguh-sungguh seperti orang yang sedang bekerja apalagi belum mendapatkan imbalan dari aktifitas ngeblog saya.

Jadi, apa tujuan saya ngeblog sebenarnya?

Dalam hati sebenarnya saya ngeblog dengan tujuan untuk mendapatkan pasif income dan bila perlu menjadi seorang full time blogger. Banyak hal yang saya pikirkan seandainya saya menjadi seorang full time blogger. Pokoknya saya hanya berpikir yang enak-enak saja dan yang menyenangkan.

Kalau dikatakan saya hobi ngeblog juga itu sepertinya kurang tepat karena saya orangnya tidak terlalu suka menulis dan sering merasa bingung kalau harus menulis dan apa yang harus saya tulis. Bisa dikatakan saya maksa nulis.

Jadi apa sebenarnya tujuan saya ngeblog? Apakah hanya sekedar ikut-ikutan orang lain saja? Bisa jadi. Karena melihat orang lain bisa berpenghasilan dari ngeblog maka sayapun ingin ikut juga tetapi hanya jalan di tempat. Tidak ada progres yang pasti.

Tetapi walaupun seperti itu saya akan terus berusaha menjadi lebih baik lagi pada hal yang sedang saya kerjakan. Dan saya harus terus memaksa diri ini agar tercapai tujuan awal saya ngeblog.

Demikianlah curhat saya tentang kegiatan ngeblog saya, karena hal inilah yang sedang saya pikirkan.

No comments:

Post a Comment