Monday, November 23, 2015

Inilah Rasanya Mempunyai Pekerjaan Baru

Bekerja memang sebuah perjuangan, dan yang namanya perjuangan biasanya tidak mudah untuk dilakukan. Ketika belum mendapatkan pekerjaan maka perjuangannya adalah mencari pekerjaan. Setelah mendapatkan pekerjaan, perjuangannya adalah menjalaninya ketika pekerjaan itu tidak sesuai dengan yang diharapkan baik itu gajinya, pekerjaan yang tidak sesuai dengan keahlian dan yang lainnya. Itulah perjuangan.

Saya sendiri pernah merasakan bagaimana susahnya mendapatkan pekerjaan. Setelah dapat pekerjaanpun terkadang terpaksa untuk dijalani.

Kali ini saya akan berbagi bagaimana rasanya berada di lingkungan kerja yang baru.

Berada pada lingkungan kerja yang baru memang butuh proses penyesuaian agar kita bisa merasa terbiasa dan paham akan rutinitas yang ada di lingkungan kerja yang baru. Pertamanya saya merasa canggung karena bersosialisasi dengan teman baru, atasan baru jadi saya merasa serba salah dan seperti culun. Bagaimana tidak, mau berkenalan malu, ikut kumpul bersama mereka juga malu jadi serba salah rasanya.

Mengenai pekerjaan, karena pekerjaan baru maka sayapun belum tahu mengenai apa yang harus saya kerjakan. Mau mengerjakan bagimana lah wong pekerjaannya apa juga tidak tau. Grogi rasanya, akhirnya liat aja dulu belajar dulu sama yang sudah terbiasa bekerja di situ.

Suasana seperti ini berlangsung cukup lama. Untuk menyesuaikan dengan lingkungan mungkin bisa satu minggu namun untuk bisa mengerjakan pekerjaannya paling tidak dua sampai tiga bulan bisa dipercaya untuk melakukan tugas sendiri. Jadi selama masa penyesuaian itu ketika kerja inginnya cepat pulang.

Sekian curhatan saya mengenai pengalaman bekerja di lingkungan yang baru.

No comments:

Post a Comment