Friday, September 25, 2015

Penyebab Ngeblog Tidak Fokus

Bagi Anda yang ingin sukses dalam ngeblog, maka sudah semestinya ngeblog itu dilakukan dengan serius. Agar ngeblog bisa dikatakan serius maka salah satu hal yang tidak boleh disepelekan adalah fokus. Fokus sangat penting dalam segala hal yang sedang dan akan dikerjakan begitupun dengan ngeblog.

Seperti yang sering saya jumpai di film-film yang bertemakan bela diri seperti karate atau kungfu, ketika sang guru mengajarkan muridnya sering dikatakan masalah fokus. "Fokus, kosongkan pikiran" menurut saya ketika seseorang melakukan satu pekerjaan misalkan saja berlatih kungfu maka dituntut untuk fokus, fokus pada apa yang sedang dikerjakan. Kosongkan pikiran maksudnya adalah mengosongkan pikiran dari hal-hal yang tidak berkaitan dengan yang sedang dikerjakan.

Nah setelah tahu bahwa fokus itu sangat penting dalam ngeblog, maka jangan sampai ngeblog tidak fokus.

Apa saja penyebab ngeblog tidak fokus? Berikut adalah beberapa hal yang membuat saya tidak fokus dalam ngeblog.

Terlena dengan membaca berita atau artikel di internet, apalagi kalau yang saya baca cukup menarik terkadang membuat saya terlena dan lupa waktu akhirnya ketika mau nulis males. Karena otak sudah lelah duluan. Maka latihan untuk disiplin sangat diperlukan. Misal ketika menyalakan komputer, tanamkan dalam diri, apa yang tadi akan saya kerjakan? Langsung saja fokus pada apa yang akan dikerjakan.

Terlalu asyik dengan media sosial. Saya sering ketika selesai membuat postingan di blog dan hendak membaginya di halaman facebook saya akhirnya terlena fb-an karena melihat status teman yang menurut saya asyik. Akhirnya lupa deh kalau rencana saya tadi mau ngeblog.

Sibuk dengan kerjaan offline. Ketika hendak ngeblog ada kalanya saya diharuskan melakukan kegiatan di rumah yang tadi belum selesai akhirnya menyita waktu untuk ngeblog. Untuk mengatasinya usahakan agar pekerjaan-pekerjaan rumah lainnya diselesaikan terlebih dahulu agar tidak mengganggu ketika ngeblog.

Demikian itu adalah beberapa penyebab terkadang yang membuat saya tidak fokus dalam ngeblog dan bahkan sampai-sampai tidak jadi ngeblog alias gagal dan ditunda untuk lain waktu.

Apa yang membuat Anda tidak fokus dalam ngeblog?

No comments:

Post a Comment