Friday, September 25, 2015

Suasana Idul Adha di Lokasi Sawitan Kalimantan

Idul adha tahun ini 1436 H bertepatan dengan 24 September 2015 saya berkesempatan melaksanakannya di Kalimantan karena sudah hampir setahun saya tinggal di Kalimantan.

Jika dibandingkan dengan suasana Hari raya qurban di Jawa Tengah tempat saya berasal, sepertinya suasana Idul Adha di perkebunan sawit tidak terlalu berbeda. Untuk pelaksanaannya dilakukan di masjid dan saya belum pernah melaksanakannya di tanah lapang seperti lapangan atau alun-alun.

Apalagi akhir-akhir ini adalah musim kemarau yang cukup panjang jadi banyak debu berterbangan di jalanan yang mengharuskan para pengguna jalan untuk berhati-hati bahkan lebih aman kalau mengenakan masker.

Memang merayakan hari raya seperti idul fitri atau idul adha tidak di kampung halaman terasa ada yang beda dan kurang meriah karena ketiadaan berkumpul dengan anggota keluarga besar tercinta. Inilah perbedaan yang sangat terasa di hati saya. Namun inilah kehidupan, hidup memang perjuangan dan pengorbanan. Berkorban harus jauh dari keluarga tercinta guna mencari nafkah untuk kehidupan yang lebih baik, semoga.

Itulah curhatan saya berkenaan dengan suasana hari raya idul adha tahun ini yang saya laksanakan di tanah Kalimantan, walaupun berjauhan dari keluarga yang penting ada kedekatan hati.

No comments:

Post a Comment