Wednesday, December 30, 2015

Macam Pekerjaan Kantoran di Sawit Kalimantan

Mumpung masih di Kalimantan saya akan berbagi sedikit tentang jenis-jenis pekerjaan yang ada di perkebunan sawit Kalimantan.

Untuk jenis pekerjaan secara umum yang ada di perkebunan sawit sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya dan kali ini saya akan bahas yang kaitannya dengan kantor.

Untuk kantor biasanya ada dua macam kantor. Yang pertama adalah Kantor Besar dan yang kedua adalah Kantor Divisi.

Kantor Divisi

Kantor Divisi adalah kantor untuk basis para pekerja langsung (pekerjaan yang berhadapan langsung dengan lapangan) misalnya para pemanen, krani panen, mandor panen, mandor perawatan, krani divisi dan asisten.

Kantor divisi ini biasanya ramai pada pagi hari saat berkumpulnya para pekerja untuk apel pagi. Jadi sebelum bekerja, biasanya diadakan apel setiap pagi untuk pengarahan dan evaluasi. Dan yang bertugas mengurus laporan kantor divisi adalah krani divisi.

Kantor Besar

Kantor besar adalah induk dari beberapa kantor divisi. Jadi biasanya dalam satu estate terdapat satu kantor besar dan beberapa kantor divisi biasanya terdapat 3-5 divisi. Pekerja yang ada di kantor besar adalah pekerja tidak langsung (pekerja yang tidak terjun langsung di lapangan). Pekerjaan yang terdapat di kantor besar adalah kaitannya dengan administrasi berupa data dan laporan.

Bagi Anda yang ingin kerja di kantor besar, simak terus. Hehe

Ok lanjut. Pekerjaan yang biasa dikerjakan di kantor besar ini adalah semua laporan yang berkaitan dengan dunia sawit.

Para pekerja yang bekerja di kantor besar antara lain:
- Manager Kebun
- KTU/Kasie
- Senior Asisten
- Asisten Manager
- Admin Tanaman
- Pembukuan
- Pembelian
- Kasir
- Personalia

Demikian sedikit info yang saya ketahui tentang pekerjaan di kantor perkebunan sawait Kalimantan dan semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment